Akhirnya Ganti Domain permanen - Simple Blog Easy Blog

Latest

Pokoknya, Semuanya Dikemas Secara Simple, Agar Easy untuk Dibaca....

05 September 2017

Akhirnya Ganti Domain permanen


Setelah sekian lama menggunakan blog, baru hari ini sempat update tulisan (memang bawaannya lagi malas saja...hehhee). kemarin (04/09/2017) baru saja saya mendaftarkan domain dengan nama www.hasrul.web.id yang sekarang sudah bisa diakses dan mengarah ke blog ini. sedikit curhat, kenapa baru sekarang menggunakan domain SLD*. kata kunci nya adalah "pengen gratisan...".

Sejak awal menggunakan blog ini, saya berharap bisa share berbagai macam aplikasi yang saya dapatkan di internet, sekaligus curhat setiap kejadian dan pekerjaan, namun karena munculnya facebook, akhirnya keinginan menulis itu beralih ke media sosial, yang dampaknya, tulisan yang dimasukkan hanya beberapa baris dan isinya cuhatan lebay, dan seketika itu terlupakan oleh waktu, karena banyaknya timeline dari teman-teman di facebook.
Memang,  jika menggunakan facebook, semua teman-teman di dunia maya pasti akan dapat mengetahui keberadaan kita, namun saya rasa hal itu tidak penting, apalagi yang orang-orang tahu, kebanyakan adalah hal yang tidak perlu diumbar ke publik. setelah facebook, lanjut ke BBM, Whatsapp dan media sosial lainnya...ah sudah lah...repot kalo mau dibahas juga media-media itu...

kembali ke topik

dulu sebelum menggunakan domain SLD, saya masih menggunakan domain gratisan seperti dot.tk, co.nr, co.cc, dan domain lainnya yang tidak sempat diingat lagi. Sempat lama menggunakan domain dot.tk, tapi setelah pengunjung blog ini mulai membludak karena ada artikel berguna didalamnya, seketika itu pula, layanan gratis dari domain tersebut diputus oleh penyedia domain gratis dan saya harus membayar harga domain tersebut sekitar 200 ribuan untuk sewa setahun. akhirnya dengan sangat terpaksa kembali lagi ke domain bawaan, yaitu hasrul-buton.blogspot.com.
Tanpa sengaja, ketemu domain gratis lagi dengan nama cu.cc, namun hanya beberapa bulan, domain itu sudah tidak dapat digunakan kembali.
Iseng-iseng mencoba kembali ke dot.tk dengan nama domain baru yaitu hasrul-buton.tk, sempat aktif, namun tidak lama, karena kembali dibanjiri traffic pengunjung (walaupun cuma mampir dan jumlahnya sehari itu hanya rata-rata 20 pengunjung...hehehe) akhirnya domain tersebut harus berbayar lagi...dan harga nya 200 ribuan lagi...finally kembali lagi ke domain asal....hehehe namanya juga gratisan, jadi ya kalo pemiliknya sudah menerapkan tarif, tinggal memilih, mau lanjut dengan pembayaran, atau pindah ke tempat lain.....
Sempat vakum selama beberapa tahun nge-blog, kebetulan saat itu ikut pelatihan di Jonggol, Pesantren IDN yang materinya sangat padat, belajar dari jam 7 pagi hingga 11 malam, selama 5 hari. materinya tentang Cisco, Mikrotik dan NMS, alhamdulillah nya, bisa bawa pulang sertifikat MTCNA dan MTCRE sebagai bekal ngajar dan buka jasa setting mikrotik...hehehe lumayan lah, tambah-tambah biaya nikah...(di umur segini belum nikah...hehehe insha Allah bulan depan...aaammiiinnn..semoga tidak ada halangan..). Di pelatihan tersebut tidak sengaja lihat teman yang menulis blog, baru teringat kalo saya punya blog yang lama tidak update, waktu lihat blog nya, dia pake template wiki, alamat blog nya wiki.samsul.web.id. Ternyata dia sudah aktif menulis sejak tahun 2013 (mungkin jauh sebelum itu....). akhirnya mulai terpikir untuk memiliki domain sendiri supaya artikel yang dimuat di blog ini setidaknya bisa menjadi acuan bagi yang ingin mencari sumber acuan untuk tulisannya. yaah..walaupun hanya 1-2 orang, setidaknya alamat web ini bisa diingat oleh orang banyak.
Berbulan-bulan dengan kesibukan yang tiada habisnya, akhirnya bisa menyempatkan hunting-hunting domain murah. Niat awal menggunakan domain apa saja yang penting murah, sempat ketemu domain murah banget, harga sewa nya 7.200/tahun untuk kontrak selama 1 tahun. domain ini menggunakan inisial .xyz, memang agak kurang familiar, karena mulai diperkenalkan pada tahun 2014, termasuk baru untuk sebuah nama domain. namun yang membuat saya enggan untuk menggunakan domain tersebut adalah penggunaan jangka panjang nya. Di tahun pertama domain ini memang mendapatkan promo, masing-masing penyedia Domain memberikan harga promo bervariasi antara Rp.7.200 - Rp.18.000, namun di tahun kedua, jika ingin memperpanjang penggunaan domain, biaya perpanjangannya menjadi antara Rp.150.000 sampai Rp.200.000,- harga yang lumayan untuk sebuah nama domain yang peruntukannya hanya untuk personal.
Akhirnya, dengan berbagai pertimbangan untuk penggunaan jangka panjang, terpilih lah nama domain ini yaitu www.hasrul.web.id sebagai nama domain permanen untuk blog ini, mudah-mudahan nanti bisa tambah subdomain lainnya biar bisa lebih banyak share pengalaman. dengan harga sewa Rp.50.000,- per tahun belum termasuk dan harga nya juga flat, saya rasa cukuplah dengan harga segitu, artinya saya harus mulai aktif menulis lagi agar biaya sewa domain itu tidak sia-sia.
Dan sepertinya saya harus mulai membenahi tampilan blog ini, karena kelihatannya sudah mulai kusam dan sudah tidak terawat. dan juga semoga banyak pengunjung yang datang ke blog ini, setidaknya mendapatkan informasi maupun ilmu pengetahuan walaupun sedikit.
kata pepatah "ikatlah ilmu dengan cara menuliskannya" namun belum bisa benar-benar saya terapkan, karena banyak hal lain yang masih perlu dikerjakan.
baiklah, sekian dulu curhat kali ini....semoga kedepannya bisa aktif menulis artikel seputar apa saja yang ditemui ataupun yang dipelajari.
*SLD  = Second Level Domain (.co.nr, .web.id, .co.id, co.uk, .com.sg, dll )
*TLD = Top Level Domain (.com, .id, .info dll...)
(referensi dari mas Samsul....terima kasih masukannya, akhirnya dapat ilmu baru lagi)

2 komentar:

  1. Cerita yang sangat menarik pak Hasrul. btw, domain samsul.web.id itu adalah SLD (second level domain), kalau TLD (top level domain) itu domain .id, .com, dll.

    Selamat pak hasrul, semoga awet domainnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe begitu ya om...kalo gitu saya ganti judul deh

      Hapus