Berkirim Gambar dengan Cara Unik Menggunakan Perangkat Radio HT (Handy Talky) - Simple Blog Easy Blog

Latest

Pokoknya, Semuanya Dikemas Secara Simple, Agar Easy untuk Dibaca....

16 September 2017

Berkirim Gambar dengan Cara Unik Menggunakan Perangkat Radio HT (Handy Talky)

Mungkin terdengar agak aneh bagi yang masih awam, sebuah perangkat yang digunakan untuk komunikasi suara menggunakan gelombang radio FM di frekuensi 144 MHz atau frekuensi lainnya, bisa mentransfer gambar. ya, memang bisa, teknik ini sudah lama diterapkan sejak penggunaan radio amatir pada mode digital atau dikenal dengan Digimode, dimana pada mode ini, penggunaan sinyal analog dari radio pemancar, diubah menjadi data digital oleh komputer melalui pemanfaatan sinyal bunyi/suara.


Dalam penerapannya, yang dimanfaatkan adalah suara. Suara ini berasal dari sebuah software jadul (Jaman Dulu) dengan nama MMSSTV, yang pada jamannya digunakan untuk mengirim gambar menggunakan media Frekuensi radio amatir yang dikirim dari bumi ke satelit LEO (Low Earth Orbit) seperti ISS ataupun Soyuz dan sebaliknya. tujuan dari penggunaan metode ini adalah untuk mengirimkan gambar digital menggunakan frekuensi analog di frekuensi yang bervariasi.

Pemanfaatan  frekuensi ini erat kaitannya dengan Organisasi amatir radio, karena pengembangan SSTV dimulai sejak radio amatir sedang jaya-jaya nya waktu itu....tapi kalo mau dijelaskan lagi sejarahnya, malah panjang sekali, bisa-bisa poin utama dari artikel ini malah tidak dibahas...hehehe

Jika menggunakan perangkat Radio Handy Talky, maka kita wajib memiliki 2 unit radio tersebut untuk mengirim dan menerima paket transmisi. Kalo sudah punya HT nya ya tidak masalah, tapi kalo tidak punya...itu dia masalahnya...hehehe. Untuk itu bisa diakali menggunakan Handphone, baik versi Komunikater maupun yang sudah sangat canggih seperti android (Komunikater = Komunikasi dan Senter / HP yang hanya digunakan untuk menelepon, SMS dan senter)


Baiklah, untuk langkah awal (dalam praktek sederhana nya dulu) kita bisa menyiapkan beberapa peralatan sebagai berikut :
  1. 2 buah Handy Talky untuk komunikasi (yang bisa diganti dengan Handphone, jangan lupa pulsa nya)
  2. 2 unit komputer (sebagai pengirim pesan dan penerima pesan)
  3. 1 buah Microphone, namun jika sudah built-in di komputernya, bisa gunakan yang sudah ada saja
  4. 1 unit speaker portable, tidak harus yang kualitasnya dewa, yang penting bisa bunyi dan bisa dihubungkan di komputer
  5. Software MMSSTV bisa disedot disini atau bisa search di Google, tenang, ukuran file installernya hanya sekitar 2 megabyte
  6. Suasana yang tenang dan damai.....hehehe
Sebenarnya jika menggunakan HT, pada point 3 dan 4 bisa diganti dengan kabel audio untuk dihubungkan antara komputer dan radio. di satu sisi dihubungkan ke Speaker Output komputer, di sisi lainnya dihubungkan ke Mic atau Line Input komputer, maka suara yang dihasilkan nantinya tidak akan terganggu oleh kebisingan di sekitarnya.

Berikut skema pemasangan nya :

Pada Komputer pengirim, sambungan output speaker dihubungkan ke port mic pada HT, dan pada komputer penerima, output dari HT dihubungkan ke port Mic/Line In pada komputer.
Jika menggunakan Handphone, pada komputer pengirim dipasangkan speaker untuk didekatkan dengan microphone pada handphone, dan pada komputer penerima, speaker Handphone didekatkan ke Microphone komputer (dalam hal ini, handphone penerima mengaktifkan mode speaker)

Berikutnya install software MMSSTV pada kedua komputer, bisa disedot disini

Pastikan volume speaker diset pada level menengah (disesuaikan, jangan sampai over)
setelah install, kemudian jalankan aplikasinya, berikut tampilan aplikasi nya



pada komputer pengirim, pilih Tab TX yang artinya Transmit (mengirim)
pada komputer penerima pilih Tab RX yang artinya receive (menerima)

sebelum beralih ke komputer, pastikan dulu HT yang digunakan sudah berada pada frekuensi kerja yang sama.

Pada Komputer Penerima

  1. Klik Tab RX
  2. Atur RX Mode ke Auto atau bisa langsung memilih mode RX nya dalam hal ini Scottie 1
  3. Cek level Volume input Mic dan pastikan sudah On serta tidak Over
  4. hubungkan input mic pada output HT
  5. Standby pada frekuensi yang sudah disepakati
  6. Jika menggunakan Handphone, cukup menunggu panggilan masuk untuk dialihkan ke mode speakerphone

Pada komputer pengirim, 

perhatikan gambar berikut

  1. klik Tab TX
  2. pilih jenis transmisi (TX Mode) Scottie 1 (silahkan dicoba-coba menggunakan mode yang lain)
  3. manfaatkan template yang tersedia, penjelasan tombol edit gambarnya coba-coba sendiri saja
    untuk memasukkan gambar, klik kanan pada kotak putih yang besar kemudian pilih Load from file...
    Load From File
    Lanjutkan dengan memilih file gambar yang diinginkan
  4. Jika sudah terhubung dengan HT, tekan tombol PTT untuk mulai mentransmit sinyal, berikutnya klik tombol TX unutk mulai melakukan transmisi.
selama proses transfer gambar (sekitar 40 detik sampai beberapa menit) jangan lepas tombol PTT pada HT atau jangan mematikan panggilan telepon jika menggunakan Handphone.

perlahan-lahan gambar akan terbentuk pada komputer penerima, biarkan prosesnya sampai selesai dan hasilnya bisa disimpan ke komputer penerima
berikut gambar sebelum, proses dan sesudah ditransfer

Sebelum ditransfer (di Komputer pengirim)
Proses selesai (di komputer penerima)
Hasil transfer gambar
Hasil gambarnya memang tidak begitu memuaskan karena hanya berukuran 320 x 256 pixel, tapi cukup seru jika proses transfer nya di jarak yang jauh, karena tidak memerlukan paket data (kecuali pulsa telepon kalo menggunakan telepon). Lagipula, ini adalah software yang direlease pada tahun 2001, yang sebelumnya juga sudah ada software lain yang fungsi nya hampir sama dengan software ini.

Menurut saya ini seru daripada berkirim gambar menggunakan Bluetooth, ShareIt, maupun software sejenis yang sudah teramat sangat Mainstream....dan tidak semua orang mengetahui teknik ini...yang artinya kita memiliki sebuah pengetahuan unik yang tidak dimiliki oleh kebanyakan orang...hehehe

sekian dulu artikel ini, kalo ada manfaatnya, silahkan bagikan, tapi ingat, penulisnya sudah capek-capek ngetik, jadi selalu sertakan sumber nya, hasrul.web.id. kalo ada yang kurang atau tidak jelas, silahkan komentar di bawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar