1000 Subscriber yang Penuh Perjuangan - Simple Blog Easy Blog

Latest

Pokoknya, Semuanya Dikemas Secara Simple, Agar Easy untuk Dibaca....

26 September 2019

1000 Subscriber yang Penuh Perjuangan

Bagi sebagian orang, mendapatkan 1000 subscriber itu bisa mudah saja, tinggal bikin video viral, prank, ataupun konten yang berisi artis terkenal. tapi itu tidak berlaku bagi saya yang membutuhkan waktu dan perjuangan untuk bisa memperoleh jumlah 1000 subscriber.

Awalnya youtube hanya saya gunakan untuk mengupload video belajar bermain piano menggunakan MIDI Controller yang kemudian diupgrade menjadi piano Digital Grand merk Yamaha (bukan sponsor). Dengan jumlah view yang sangat sedikit, maklumlah saat itu bisa menonton video merupakan berkah luar biasa, karena di tahun 2011, kota Baubau, masih dikaruniai internet Speedy dengan kecepatan up to 1 Mbps, untuk mendownload aplikasi 10 MB saja butuh waktu yang lumayan lama, apalagi mengupload video yang ukuran nya beberapa ratus mega. dan saat itu juga kamera yang saya gunakan hanyalah kamera HP Samsung Galaxy S. Setelah beberapa video diupload, tibalah pada titik jenuh karena saat itu video yang diupload tidak pernah menyentuh view sampai 2 digit. dan saya pun akhirnya fokus pada pekerjaan di dunia nyata.


Di tahun 2017 masuklah layanan fiber optik dari Indihome, dan singkat cerita, layanan ini baru bisa dinikmati di Sekolah tempat saya mengajar sekitar bulan Maret karena tuntutan UNBK dari Kementerian Pendidikan. Tanpa ragu saya mulai membuka berbagai website, informasi pendidikan sekaligus menonton berbagai video di Youtube. Di Youtube, saya lebih banyak melihat video tutorial yang membahas berbagai hal, ada yang membahas tutorial video editing, teknologi terkini, review barang-barang, dan berbagai tutorial lainnya, dari situ saya mulai tertantang...kira-kira apa saya bisa seperti itu ??

Akhirnya mulailah saya membuat video di awal bulan September 2017, dimulai dari unboxing antena ubiquiti Litebeam LBE-M5 video nya disini ...dengan pencahayaan seadanya, dan pembuatan yang serba otodidak dibuat setelah shalat subuh, jadilah dua video unboxing dan tutorial merakit antena tersebut.
Proses upload pun dimulai. Saat itu saya hanya menggunakan akun google dan langsung upload ke Youtube menggunakan akun google. Mulai saat itu setiap hari saya mulai sering mengecek jumlah view video, di hari pertama, jumlah view langsung memuncak di angka 30 view...rasanya lumayan senang, sejenak saya berpikir...akhirnya ada juga yang sudi melihat video saya, walaupun beberapa diantaranya berkomentar tidak mengerti tentang apa yang dijelaskan...hehehe apa penjelasan saya yang terlalu tinggi ya ?? ah tidak usah dipedulikan, yang penting 30 view ini akan terus terduplikasi...

Seminggu, dua minggu sampai sebulan, jumlah view tak kunjung meningkat...hmmm..sepertinya ada yang salah sama video saya, atau mungkin viewer nya tidak tertarik melihat video saya ?? mungkin karena para viewer merasa video itu tidak bermanfaat, akhirnya video tersebut kehilangan penonton nya.

Di tahun 2018, tanpa sengaja saya melihat status Facebook teman lama, isi postingan nya mengajak subscribe channel Youtube nya yang saat itu sudah memasuki 1500an subscriber. wah...hebat sekali dia, saat ini sudah sampai 1500an subscriber. Saya kemudian melihat video-video yang diupload nya sejak beberapa tahun yang lalu, isinya hanya aktivitas kesehariannya saja...beberapa memang ada tutorial, tapi tidak sampai 50% dari keseluruhan video di channel nya.

Saya sempat heran, kok bisa...apa dia beli subscriber ?? ah itu hanya pikiran kotor saya saja.

Dari situ saya mulai tertantang untuk melanjutkan membuat video di Youtube, dan saya putuskan untuk membuat Channel baru. Jadilah ide saat itu Channel "Hasrul Tips-Channel" yang berisi aneka tutorial komputer, elektronika dan life hack sehari-hari link nya disini. Karena saat itu ide video belum ada, jadi saya awali dengan mengupload video tutorial unboxing dan perakitan antena yang sudah pernah saya upload di akun google. Setelah upload, langsung promosi sana sini, Whatsapp, Facebook, Instagram. view tiba-tiba mulai bertambah satu per satu. sayangnya tidak bisa menyentuh angka 50 views.

Akhirnya tanpa pikir panjang, saya langsung bikin video baru yang berisi tutorial komputer sederhana, dan seperti biasa, promosi sana sini, berharap mendapatkan banyak views dan like. beberapa hari kemudian jumlah view akhirnya bisa mencapai 110 views, alangkah bahagianya saat itu....jika tiap hari ada 110 orang yang menonton video saya, artinya dalam sebulan, video saya bisa mencapai 3000an views....namun harapan tidak senikmat kenyataan. Beberapa minggu video tersebut ternyata tidak begitu populer dan hanya bisa bertahan di angka 100an views, mungkin penonton kurang tertarik dan dirasa kurang berguna....padahal bagi saya, setting komputer seperti itu sangat saya butuhkan.

Dua bulan berikutnya, mulailah saya membuat video dengan genre lain dengan tema life hack, dan benar saja, di bulan itu jumlah views nya tidak sampai 100....hehe tapi saya tidak boleh menyerah...namanya juga langkah awal, pasti belum akan ditonton banyak orang. Tanpa pikir panjang, tanpa konsep dan tanpa persiapan yang benar-benar matang, saya langsung buat video berikutnya. Masih dengan tema yang sama yaitu life hack, dan promosi sana sini....hasilnya adalah view yang lebih sedikit dari video sebelumnya...kurang dari 50 views saat upload pertama...dan penambahan subscrier saat itu hanya satu...itupun karena teman...hehehe..kalo bukan teman, sepertinya enggan subscribe.

di bulan yang sama, terpikir ide untuk membuat tutorial komputer, karena banyaknya teman-teman yang mendaftar CPNS online yang kesulitan mengupload foto mereka karena ukuran foto yang diupload terlalu besar baik dalam ukuran foto, maupun kapasitas foto. Daripada mengajarkan satu-satu lebih baik bikin video sekalian...lagipula, tutorial seperti ini sepertinya tidak akan usang, karena pasti ada saja yang akan mencari cara seperti ini.

Dan Jadilah Tips Komputer pertama yaitu mengubah ukuran foto dengan cepat dan sekaligus banyak. setiap kali ada teman yang bertanya bagaimana cara mengubah ukuran foto, tanpa ragu saya langsung kirim link video yang sudah saya upload....hehehe...memanfaatkan kesempatan ditengah galaunya pada pencari kerja. Dan akhirnya jumlah view bisa didongkrak sampai maksimal 79 views...hehehe angka yang cukup besar bagi saya untuk video yang di upload di minggu pertama.

Sayangnya video itu hanya bertahan sampai akhir bulan dan mulai kehilangan penonton...namanya juga tutorial musiman, dan pastinya banyak tutorial serupa yang "mungkin" lebih mudah...atau bahkan lebih memilih meminta orang lain yang mengubah ukuran foto daripada mengubah sendiri.

Sore itu, browsing sambil nonton youtube, tiba-tiba lihat vlog Duwi Arsana yang membuat power supply dari charger Laptop dan dikombinasikan dengan beberapa komponen lainnya....hmmm..kayaknya bagus nih untuk video di channel saya...seketika putar otak...mau pake charger laptop yang mana ya ?? akhirnya dapat juga charger bekas laptop yang laptopnya entah kemana....waktu dites masih bagus...dihari yang sama langsung hunting komponen penunjang via online marketplace dan terpaksa harus menunggu sekitar seminggu.

Setelah barangnya datang, langsung dirakit sambil rekam video. editing nya memakan waktu beberapa hari karena sambil belajar editing yang baik, sekaligus colour grading. Setelah selesai langsung upload dan promosi lagi...sudah bisa diprediksi...penonton awam yang mayoritas teman dekat langsung bertanya....ini untuk apa?? saya hanya bisa menjelaskan se kena nya saja....bagi yang mengerti kelistrikan pasti sudah tau lah...

Tanpa disangka, video ini malah jadi video pertama dengan jumlah views yang terbanyak sejak diupload...ternyata di jagad maya, tutorial seperti ini sangat dicari, apalagi penjelasan nya detail...makin banyak yang suka dan langsung dishare ke berbagai sosial media. Video ini juga membuat subscriber channel saya bertambah secara signifikan sampai 200 subscriber.

Mulai dari situ saya mulai membuat berbagai tutorial komputer jaringan dengan perencanaan yang setidaknya lebih matang dari sebelumnya, menulis skrip, sampai editing berhari-hari. Setelah upload, langsung promosi ke grup yang membahas komputer dan jaringan...Alhamdulillah disambut positif dan penambahan subscriber tidak bisa dibendung. setiap hari ada saja subscriber baru, lumayan untuk kejar target 1000 subscriber...

Tahun 2019, saya mulai ikut berbagai komunitas Youtube, baik lokal maupun regional, lumayan bisa menambah subscriber tanpa perlu mengemis...hehehe tinggal sajikan video yang bermanfaat, subscriber akan bertambah dengan sendirinya.

Dan hari ini tanggal 26 September 2019, tercapailah jumlah 1000 subscriber yang diharapkan...sayangnya belum bisa bersuka cita karena belum bisa dimonetisasi...jam tayang masih kurang 700an jam, jumlah yang tidak sedikit...masih harus terus membuat video berkualitas, semoga saja yang menonton mendapatkan manfaat, dan semoga saja pihak Youtube berbaik hati bisa segera menayangkan iklan di channel saya, biar adsense youtube bisa segera dinikmati...hehhee maklumlah, sejak awal bikin channel, target utamanya adalah adsense, biar punya penghasilan tambahan. Tapi jika ada yang mau endorse untuk produk nya, bisa lebih baik lagi...bisa dapat tambahan lagi...hehehe....

Subscriber Youtube saat tulisan ini dipublikasikan sudah mencapai 1.003 subscriber...alhamdulillah....terima kasih kepada para subscriber yang berbaik hati subscribe ke channel saya...bagi yang belum, silahkan langsung subscribe dengan cara klik disini

sampai jumpa di postingan berikutnya

Baubau, 26 September 2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar