Web 3.0 - Simple Blog Easy Blog

Latest

Pokoknya, Semuanya Dikemas Secara Simple, Agar Easy untuk Dibaca....

26 Agustus 2008

Web 3.0

wah pusing kalo gini.......skripsi gak pernah di respon, akhirnya bikin aja terus sampai bego....yang penting awal desember udah di Medan untuk sidang skripsi.....jadi, harus benar-benar di persiapkan segala sesuatunya.

baiklah sekarang kita lanjutin aja deh tentang web 3.0

masih dalam perdebatan tentang web 2.0 dimana
spesifikasi untuk menjadi standar web 2.0 masih dalam pengembangan, muncul lagi istilah baru dalam teknologi informasi yaitu web 3.0

web 3.0....mungkin masih terdengar asing di telinga kita (termasuk penulis) apa sih yang dimaksud dengan web 3.0 ?? apa kelebihannya ?? kenapa perlu web 3.0???

web 3.0 saat ini masih dalam perdebatan tentang standar yang akan diberlakukan. (web 2.0 aja masih sementara proses pengembangan).

gambaran tentang web 3.0 yaitu bagaimana user dapat lebih berinteraksi dengan user tidak hanya di depan komputer, tapi juga pada perangkat lain. Pada web 3.0 juga diharapkan memiliki Artificial Inteligent dimana user akan lebih dimanja (kayak anak mama) dalam berbagai hal, seperti pertanyaan pribadi antara user dengan komputer (mungkin).

menurut wikipedia gambaran tentang web 3.0 yaitu sebagai berikut :
  • transformation of the Web from a network of separately siloedapplications and content repositories to a more seamless and interoperable whole.

  • ubiquitous connectivity, broadband adoption, mobile Internet access and mobile devices; network computing, software-as-a-service business models, Web services interoperability, distributed computing, grid computing and cloud computing;

  • open technologies, open APIs and protocols, open data formats, open-source software platforms and open data (e.g. Creative Commons, Open Data License); open identity, OpenID, open reputation, roaming portable identity and personal data;

  • the intelligent web, Semantic Web technologies such as RDF, OWL, SWRL, SPARQL, GRDDL, semantic application platforms, and statement-based datastores;

  • distributed databases, the "World Wide Database" (enabled by Semantic Web technologies); and

  • intelligent applications, natural language processing, machine learning, machine reasoning, autonomous agents.


menurut Nova Spivack rencana aplikasi web 3.0 ini akan mulai di pakai antara tahun 2010-2020 (wuih masih lama euy...!!!)

jadi, jika ingin menikmati bagaimana enaknya menggunakan web 3.0, harus sabar minimal sampai tahun 2010. tapi biasanya sebelum tahun tersebut pasti udah mulai kelihatan penggunaannya satu per satu.

penulis sendiri masih bingung bagaimana web3.0 dapat di implementasikan nanti.

katanya sih, seperti robot digital yang bisa mengerti apa yang kita mau dan apa yang kita butuhkan.

udah ah gitu aja dulu deh.....lagi pusing nih....masih banyak kerjaan.

lagipula kan masih dalam perdebatan, jadi walaupun udah di jelasin, pasti akan ada perubahan besar besaran tentang standar yang digunakan.

pokoknya gitu deh gambarannya.

udah ya..... sampai ketemu di tulisan berikutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar