Perbedaan Web 1.0 dan Web 2.0 - Simple Blog Easy Blog

Latest

Pokoknya, Semuanya Dikemas Secara Simple, Agar Easy untuk Dibaca....

13 Agustus 2008

Perbedaan Web 1.0 dan Web 2.0

hari ini agak bingung juga mau ngerjain apa... mau ngajar, eh ternyata libur.... padahal udah siap-siap masuk kelas....sampai di ruang kantor gak ada pegawainya juga.....jadi pusing.....

untung aja aku punya kunci jadi gak masalah mau masuk mau gak masuk, namanya juga juru kunci...

aduh... makin ngaco nih.....

oke deh kita masuk ke pelajaran pertama....

saat ini sudah marak dengan istilah web 2.0 awalnya saya agak bingung apa sih web 2.0 itu, apakah sama dengan web sebelumnya ??? mondar mandir cari literatur yang ada cuma desain doang.....yang pernah saya baca itu desain footer untuk web 2.0

sampai disitu tetap aja bingung, kalo web 1.0 dan web 2.0, perbedaannya hanya terletak pada desain, berarti kita harus punya imajinasi yang tinggi dong untuk membuat desain yang lebih baik....

tapi setelah konsultasi sama om google, akhirnya dapat juga jawabannya.
gini nih kata pakar....

"setelah tahun 2004, muncullah istilah baru yang populer dalam dunia internet yakni web 2.0 walaupun istilah ini sudah lama ada, tetapi masih sedikit yang memahami apa itu web 2.0 dan bagaimana perbedaannya dengan web 1.0"

Menurut O'Reilly, terdapat sejumlah perbedaan yang mendasar pada aplikasi web 2.0 diantaranya :

setelah melihat perbedaan diatas, agak bingung juga.....kayak gini DoubleClick menjadi Google AdSense.....Maksudnya ??? (makin bingung deh)

ternyata banyak sekali penjelasan tentang web 2.0 dimana dengan web 2.0 dapat merubah pola pikir dalam pemrograman, seperti pada umumnya web 1.0 digunakan sebagai media publikasi secara pasif, sedangkah web 2.0 digunakan untuk publikasi secara aktif, maksudnya, user dapat lebih berinteraksi dengan web layaknya aplikasi desktop.

contoh yang sering di lihat yaitu pada YahooMail versi baru, dimana layanan e-mail memiliki tampilan dan fungsi layaknya sebuah aplikasi desktop, di dalamnya sudah ditambahkan aplikasi chat (pake ID yahoo tentunya) dan tampilannya sudah menyerupai aplikasi microsoft outlook atau outlook express.

ada juga contoh lain yaitu layanan google spreadsheet...di http://spreadsheets.google.com


jadi kalo dilihat, tampilan diatas layaknya sebuah aplikasi microsoft excel tapi dalam format web, itulah kelebihan web 2.0 jadi user dapat lebih berinteraksi langsung dengan pekerjaannya dan dapat melakukan editing secara online... hebat kan ???

pada web 2.0 didalamnya telah memadukan konsep pemrograman HTML, PHP, CSS, dan yang terbaru yaitu AJAX (asynchronous JavaScript and XML) (menurut penulis sih itu baru, soalnya belum lama denger istilah itu). jadi, dengan memadukan prinsip pemrograman dari sekian banyak bahasa pemrograman diatas, maka jadilah sebuah web 2.0 dengan fitur dan fungsi layaknya sebuah aplikasi desktop.

abis web 2.0, ternyata ada lagi versi baru yang namanya web 3.0 yang menurut ramalan akan berkembang 2010-2020 (tapi isunya udah mulai marak juga), akan dimuat pada tulisan selanjutnya....

udah ya, mau pulang , udah gak ada orang lain di kantor ....

1 komentar:

  1. Wah..kuliah ditempat lain emang bikin hasrul berbeda ternyata poltek ngga ada apa2nya ya???
    :D

    BalasHapus