Menjadi Narsum di kegiatan Vicon "Share Knowledge and Practice" bagi Guru SMK - Simple Blog Easy Blog

Latest

Pokoknya, Semuanya Dikemas Secara Simple, Agar Easy untuk Dibaca....

21 Oktober 2020

Menjadi Narsum di kegiatan Vicon "Share Knowledge and Practice" bagi Guru SMK

 

Mendapatkan kesempatan untuk berbagi merupakan sebuah hal yang luar biasa, selain bisa membagikan pengetahuan, secara tidak langsung ilmu yang kita miliki akan ikut bertambah.

Kali ini saya diberi kesempatan untuk memaparkan seputar pengalaman dan pengetahuan seputar pengembangan TIK di SMK yang diitegrasikan dengan Portal Rumah Belajar. Awalnya saya bingung mau membahas materi apa...jujur, jika ditanya seputar model pembelajaran, mungkin banyak yang tidak saya ketahui istilahnya...tapi mungkin saja saya sudah sering melakukannya, namun tidak tau istilah nya dalam pendidikan. seperti SOLE, Project Based Learning dan lain-lain. 

Sempat beberapa kali diskusi dengan Duta Rumah Belajar, Ibu Irma Lismayani tentang materi yang akan disampaikan pada kegiatan tersebut. Awalnya saya mengambil materi tentang Wahana Jelajah Angkasa, namun setelah beberapa pertimbangan, salah satunya yaitu materi pelajaran di SMK tempat saya mengajar tidak ada pembahasan tentang luar angkasa, akhirnya materi itu dibatalkan, maka saya kembali mengajukan materi tentang "Tips Membuat Video Pembelajaran untuk memperkaya konten di Sumber Belajar". Masih agak ragu, tapi biarlah...toh materi ini yang lebih dikuasai ketimbang materi sebelumnya. 

Dua hari sebelum kegiatan, mulailah saya mencari berbagai referensi, walaupun sudah punya dasar, namun mencari referensi dari luar tetap harus dilakukan, karena akan menguatkan proses pemaparan ide maupun dasar ilmu. Beruntung di internet sangat banyak referensi yang bisa digunakan. Presentasi mulai dibuat, powerpoint cukup lah....biar hemat waktu dan tenaga.

Tibalah saatnya presentasi, saat itu peserta atau Attendee nya hanya 10 orang, tapi tidak masalah, semoga materi yang akan saya bawakan akan berguna kedepannya. Saat presentasi, Alhamdulillah tidak ada kendala, walaupun sempat tersendat sedikit karena agak bingung memilih kata yang tepat untuk materi yang dibawakan...maklum, sudah mulai jarang berbicara banyak sejak menjadi Operator Dapodik di bulan Agustus 2020. Dan setelah selesai presentasi, agak disayangkan karena tidak ada satupun yang bertanya...padahal kalo mau di ulik, materi ini bisa tidak habis jika dibahas lebih detail. Akhirnya Moderator saat itu, pak Andi Mastan sempat menyampaikan bahwa materi nya nanti bisa di share agar kedepannya bisa menjadi acuan bagi teman teman dalam membuat video yang lebih baik lagi.

Saat penutupan pun tiba, sekitar jam 18.04 sore, pak Rachmat Efendi menutup room Webex agar semua peserta bisa lanjut istrahat untuk mempersiapkan hari esok dengan berbagai aktivitas yang tidak kalah penting. bagi saya, pengalaman itu menjadi luar biasa, karena sudah mengenal para Duta Rumah Belajar sekaligus Sahabat Rumah Belajar yang sama-sama belajar untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang TIK.

Dan akhirnya, tulisan ini ditutup dengan ucapan Alhamdulillah, sudah bisa berbagi walaupun tidak banyak dan bukan dalam bentuk tatap muka.

Baubau, 20 Oktober 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar