Teknik meningkatkan kinerja komputer desktop maupun laptop - Simple Blog Easy Blog

Latest

Pokoknya, Semuanya Dikemas Secara Simple, Agar Easy untuk Dibaca....

13 Juli 2009

Teknik meningkatkan kinerja komputer desktop maupun laptop

Wuih, sudah lama sekali rasanya tidak menulis lagi......kurang lebih 2 bulan.....maklum lah, mulai disibukkan dengan kerjaan baru yang benar-benar baru dan membutuhkan pertanggungjawaban yang cukup besar. Jadi, baru bisa nulis lagi dehe sekarang. Oke, sekarang kita mulai.
Apa saat ini komputer anda terasa lambat ??
Apakah dulu saat komputer baru dibeli, terasa cepat, namun kini kinerjanya menjadi loyo ???
Mungkin ini ada sedikit solusi untuk meningkatkan kinerja komputer anda (memang sudah sering dibahas) walaupun tidak sepenuhnya bisa meningkatkan kinerja sampai 100%. (tergantung dari sistem komputer itu sendiri)

1. Matikan service dan aplikasi yang tidak perlu
Komputer saat ini bekerja seperti layaknya otak manusia walaupun pada penelitian terbaru di luar negeri (sorry, lupa negaranya) bahwa komputer tercepat di dunia saat ini belum mampu menandingi otak seekor tikus (hehehe...emang komputer mau disamakan dengan tikus ??). saat ini komputer bekerja secara multi task yang memungkinkan beberapa aplikasi maupun service dapat berjalan bersamaan dalam satu waktu(walaupun tidak sepenuhnya bersamaan). Keberadaan aplikasi dan service yang bekerja pada background (di belakang komputer) dapat menurunkan kinerja komputer. Mungkin saat ini anda hanya membuka satu aplikasi yakni internet browser (firefox atau IE dan sejenisnya) tetapi tanpa anda sadari, terdapat puluhan service yang membantu aplikasi tersebut untuk bekerja. Bayangkan saja seorang calon presiden, tidak bisa menjadi presiden tanpa koalisi dengan beberapa partai. Sama seperti aplikasi komputer, tidak bisa berjalan sendiri, melainkan ada dukungan dari beberapa service pada sistem komputer itu sendiri. Namun dari beberapa service yang ikut berjalan, ada diantaranya yang tidak terlalu dibutuhkan atau tidak dibutuhkna sama sekali. Cukup matikan service yang tidak perlu ini dengan cara :
a.) masuk ke task manager (ctrl+alt+del)
b.) pilih tab processes
c.) klik image yang mau dimatikan
d.) tekan del, ada konfirmasi pilih yes.
Hati hati menghapus service yang ada, jika anda salah menghapus, bisa bisa komputer anda malah jadi HANG.(terpaksa harus di reset)
2. Kurangi program yang berjalan saat startup
Setiap kali kita menyalakan komputer, banyak aplikasi dibuka oleh komputer. Ini disebabkan oleh aplikasi itu sendiri yang menyimpan alamat aplikasi itu sendiri ke registry komputer. Jika dirasa aplikasi itu tidak diperlukan, bisa dimatikan dengan masuk ke registry editor :
a.) Masuk ke registry editor dengan cara klik start  Run kemudian ketik “regedit” (tanpa tanda petik)
b.) Buka direktory My Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run
c.) Hapus string yang tidak perlu pada direktory ini seperti “winamp agent”, “quick time” dan lain lain yang dirasa tidak perlu dijalankan saat startup
d.) Sebaiknya backup dulu registry anda sebelum melakukan penghapusan diatas untuk alasan keamanan.
e.) Restart komputer.
3. pakai antivirus yang terpercaya.
Saat ini virus tidak hanya menginfeksi file, tapi juga membuat kinerja komputer menurun, ini disebabkan sistem kerja virus yang selalu menggandakan diri nya dimanapun dia berada. Saran saya, gunakan “Symantec Antivirus”. Dari beberapa antivirus yang saya coba, banyak kelebihan dan kekurangan yang ditemukan, seperti kurang cepat memperbaiki file yang terinfeksi virus, langsung menghapus file yang terinfeksi walaupun masih dibutuhkan oleh sistem, dan lain lain (kepanjangan kalo dijelaskan disini). Dari hasil percobaan itulah saya simpulkan bahwa Symantec Antivirus yang lebih baik menangani virus dan sejenisnya. Tentunya dengan update database berkala. Antivirus ini, sudah gratis, tidak memberatkan sistem, bisa dengan cepat memperbaiki file yang terinfeksi virus, dapat bekerja pada komputer dengan spesifikasi rendah, dukungan update gratis setiap hari dari internet.
4. gunakan software asli, bukan bajakan.
Saat ini mayoritas pengguna komputer di Indonesia masih menggunakan software bajakan baik sistem operasi, maupun aplikasi tambahan. Biasanya, aplikasi yang dibajak oleh cracker (bukan hacker), memasang sebuah jalur yang disebut backdoor. Jadi saat anda terkoneksi ke internet, tanpa anda sadari, sistem anda membuka celah keamanan kepada para cracker. ini menjadi kesempatan bagi mereka untuk menyusup ke sistem kita. Bersyukur kalo tidak ada virus yang disisipkan. Jika seandainya if apabila bilamana para cracker menyisipkan virus, maka yang terjadi adalah kinerja komputer sasarannya (penjelasan di nomor tiga)
5. jangan terlalu banyak menghias komputer.
Salah satu kesalahan para pengguna komputer yaitu selalu menghiasi komputer dengan berbagai aplikasi hiasan yang tidak perlu seperti object dock, yahoo widget, google sidebar, windows vista theme, dan masih banyak lagi aplikasi hiasan yang bisa memberatkan komputer bekerja. Satu hal yang perlu diingat, bahwa komputer seperti layaknya manusia, dalam hal hiasan, sebaiknya gunakan seperlunya tergantung kemampuan komputer (kalo berlebihan, itu namanya norak).
Saat ini hanya itu yang terlintas di pikiranku. Seperti tulisan di dinding kamar “tuliskan ide yang terlintas di pikiranmu”. Jadi, nanti terlintas lagi baru dilanjutkan tulisannya. Lagipula, beberapa cara diatas sudah bisa meningkatkan kinerja komputer 30%-40%. Silahkan mencoba. Hati hati bada poin 1 dan 2. Jika anda belum mengerti, sebaiknya didampingi oleh orang yang lebih berpengalaman.

See you on next post.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar