Cara Menggunakan Garmin GPSMAP 60CSX (2) - Simple Blog Easy Blog

Latest

Pokoknya, Semuanya Dikemas Secara Simple, Agar Easy untuk Dibaca....

29 Oktober 2009

Cara Menggunakan Garmin GPSMAP 60CSX (2)


Ini dia sambungan dari bagian 1 dalam artikel “Cara Menggunakan Garmin GPSMAP 60CSX” silahkan dibaca kelanjutannya……
Berikut ini akan dijelaskan menu-menu pada GPS beserta fungsinya.

  1. Menu “Satelite”
    Saat pertama kali dinyalakan, GPS akan menampilkan menu satelit. Dimana di dalam menu ini diperlihatkan status penangkapan sinyal satelit. Untuk mendapatkan sinyal satelit yang baik (kekuatan sinyal besar) maka GPS harus berada di luar ruangan tanpa penghalang dengan langit, dan cuaca cerah. atau bisa dengan menambahkan antena luar yang dihubungkan ke perangkat GPS. Pastikan bahwa GPS memperoleh sinyal minimal dari 3 satelit, status penerimaan ini dapat dilihat pada bar di bawah lingkaran satelit. Sinyal satelit yang dapat digunakan yaitu pada bar yang berisi, bukan bar yang berwarna putih. Setelah sinyal yang diperoleh sudah cukup, maka di bagian atas layar akan tampil koordinat kita berupa posisi lintang dan bujur serta toleransi posisi yang ditunjukkan oleh “location”. Jika location menunjukkan ±10m, artinya GPS memprediksi lokasi kita berada di radius 10 meter dari koordinat posisi yang ditunjukkan oleh GPS.
    Pada bagian tengah, terdapat dua lingkaran yakni lingkaran besar dan kecil. Kedua lingkaran ini merepresentasikan langit. Lingkaran kecil berarti radius penglihatan kita ke langit sebesar 45°. Lingkaran besar, merepresentasikan penglihatan kita ke langit sebesar 180 derajat. Gambar satelit dengan nomor masing-masing yang tersebar di sekitar lingkaran besar dan kecil merupakan posisi satelit saat itu.
  2. Menu “MAP (Peta)”
    Pada saat memilih menu ini, akan tampil peta seperti layaknya kita melihat peta pada umumnya. Perbedaannya yaitu terdapat segitiga hitam di tengah peta yang ditampilkan. Segitiga ini menunjukkan posisi kita pada permukaan bumi serta arah GPS. Pada menu peta, kita dapat mengukur jarak suatu titik dengan titik yang lain dengan cara menekan tombol Rokr. Kita juga bisa melihat arah navigasi saat melakukan pencarian suatu lokasi.
  3. Menu “Trip Computer”
    Pada menu ini, terdapat angka-angka untuk mengetahui : trip odom, max speed, moving time, moving avg, stopped, averall avg, elevation, odometer. Fungsi diatas bisa di cari sendiri pengertiannya
  4. Menu “Compass”
    Hampir semua GPS memiliki fitur kompas digital yang. Kompas ini sama halnya dengan kompas analog pada umumnya. Setiap kali akan melakukan survey, kompas ini harus selalu di kalibrasi. Dikarenakan kompas ini menggunakan sistem digital, sehingga penunjukannya akan keliru jika sudah di dekatkan dengan peralatan yang mengandung medan magnet. Pada menu kompas, terdapat juga beberapa informasi yang digunakan pada saat melakukan survey
  5. Menu “Altimeter”
    Pada menu altimeter, terdapat 2 fungsi, yaitu untuk mengukur elevasi (altimeter), dan untuk mengukur tekanan udara (barometer). Pada pengukuran elevasi, akan ditampilkan ketinggian kita yang di ukur dari permukaan laut. Sedangkan pada pengukuran tekanan udara, akan ditampilkan tekanan udara di sekitar yang dihitung menggunakan satuan milibar.
  6. Main Menu
    Pada menu ini, ditampilkan beberapa fungsi GPS lainnya yang tidak muncul saat kita menekan tombol page. Biasanya yang ditampilkan pada menu ini, merupakan fasilitas yang jarang digunakan.

9 komentar:

  1. Terimakasih dengan info2nya yang sangat bermanfaat..dan bagaimana cara penggunaan fish finder

    BalasHapus
  2. Bagaimana Cara peng menggunakan fish finder menggunakan gps60 csx

    BalasHapus
  3. menu "trip computer" nya diulas jg dong.. bro..
    lumayan keder tuh.., trims

    BalasHapus
  4. 2. Menu “MAP (Peta)”
    Pada saat memilih menu ini, akan tampil peta seperti layaknya kita melihat peta pada umumnya. Perbedaannya yaitu terdapat segitiga hitam di tengah peta yang ditampilkan. Segitiga ini menunjukkan posisi kita pada permukaan bumi serta arah GPS. Pada menu peta, kita dapat mengukur jarak suatu titik dengan titik yang lain dengan cara menekan tombol Rokr. Kita juga bisa melihat arah navigasi saat melakukan pencarian suatu lokasi.

    ~~~~~~~~~~~~~~~~
    tombl "rokr" itu yg mn pak?

    BalasHapus
  5. sorry, kata rokr itu saya ambil dari penggunaan Handphone merk motorola,

    sebenarnya itu adalah tombol navigasi kiri kanan atas dan bawah...saya kurang tau nama teknis nya....jadinya saya pake kata itu saja....mohon dimaklumi

    BalasHapus
  6. Da maslah dalam GPS 60 ..." bertulisan off".tolong jelaskan menggunakan GPS on!!

    BalasHapus
  7. fungsi GPS OFF maupun ON itu maksudnya, apa kita mau mengaktifkan penerimaan sinyal dari satelit GPS atau tidak. kalo GPS nya di set OFF, berarti sama saja kita tidak bisa gunakan untuk navigasi, karena perangkat kita tidak diatur untuk menerima sinyal dari satelit. dalam kondisi GPS OFF, GPS hanya bisa digunakan sebatas kompas, melihat peta, dan beberapa fitur lain yang tidak membutuhkan sinyal satelit GPS.

    kira-kira seperti itu, kalo kurang jelas, silahkan komentar lagi....

    BalasHapus
  8. Salam Mas, bagaimana cara menentukan posisi di tanah dgn menggunakan garmin 60csx mengikuti kordinat yg tersedia misalnya saya mau menentukan batas tanah milik berdasarkan data yg diberikan oleh yg berwenang, terima kasih

    BalasHapus
  9. Bagaimana cara mengatur tanggal bulan tahun?

    BalasHapus